92% Penderita Tak Tahu Tertular Penyakit HIV/AIDS

Jakarta - Pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap penyakit HIV/AIDS ternyata sangat minim. Bahkan 92 persen penderita penyakit yang menyerang kekebalan tubuh ini pun tidak tahu dirinya terkena HIV/AIDS.

Data tersebut dipaparkan Komisi Penanggulangan AIDS (KTA) di sela serah terima jabatan sekretaris KTA dari Sukowati Abubakar kepada Nafsiah Mboi di Kantor Menko Kesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (3/8/2006).

Dari data yang dimiliki KTA juga tercatat sebanyak 52 persen penderita HIV/AIDS adalah pengguna narkotika jenis jarum suntik. Rata-rata mereka berusia produktif.

"Sehingga tim KTA saat ini berupaya meninggalkan kesadaran pemakai narkotika untuk berhenti menggunakan narkoba," ungkap Nafsiah.

Nafsiah menambahkan, hingga Juni 2006 jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia tercatat 10.859 orang dan sekitar 1.507 telah meninggal dunia. 

Secara nasional, 18 persen dari penderia penyakit ini adalah wanita. Dan berdasarkan data terakhir Maret 2006, dari infeksi baru yang ditemukan tercatat 48 persen adalah perempuan.


DetikNews

0 komentar:

Posting Komentar