Thirteen: Dicuri Band Meksiko

Thirteen go international! Bukan karena albumnya dirilis di luar negeri, atau diundang tampil di festival kelas internasional. Tapi karena lagunya yang berjudul Cherry Petite Raspberry dicuri oleh sebuah band asal Meksiko.

Ba jak membajak lagu emang udah biasa. Contek mencontek nada pun banyak dilakukan oleh band-band yang bermoral rendah plus malas berpikir. Tapi kalo merekam ulang lagu orang dan mengklaimnya s ebagai lagu ciptaan sendiri, itu namanya keterlaluan. Inilah yang terjadi pada Thirteen, band asal Jakarta yang sedang naik daun. Lagunya yang berjudul Cherry Petite Raspberry direkam ulang oleh sebuah band Meksiko bernama Adezivo, yang mengaku bahwa lagu yang mereka beri judul The Armano Sentence itu adalah lagu ciptaan mereka.

Curi mencuri lagu sebelumnya juga terjadi pada Igor Saykoji, yang lirik lagunya sempat dicontek oleh Joe Farizal, rapper asal Jakarta. Bedanya, Igor dan Joe udah saling kenal sebelumnya, sedangkan anak-anak Thirteen mengaku nggak kenal sama sekali dengan Adezivo.

Gimana cerita lengkapnya? Simak obrolan Hai-Online dengan Renad, vokalis Thirteen.

Awalnya tau dari mana kalo lagu Thirteen dicuri?
Gue dikasih tau sama Ichan, anak band No Talent. Dia nyuruh buka MySpace sebuah band asal Meksiko. Di situ ada lagu yang judulnya The Armano Sentence. Pas kami denger, kok sama banget ya sama lagu Thirteen yang Cherry Petite Raspberry? Cuma direkam ulang aja sama mereka.

Abis itu apa yang kalian lakukan?
Kami bikin tuntutan tertulis, dikirim lewat email. Isinya menuntut mereka untuk menghapus lagu itu dari MySpace mereka dalam waktu 48 jam. Kalo nggak dipenuhi, kami minta ganti rugi sebesar 100 ribu US Dollar. Nggak lama sih, besoknya langsung mereka hapus kok. Yang lucu, kami kan kirim email pake bahasa Inggris. Ternyata anak-anak Adezivo nggak ada yang bisa

bahasa Inggris sama sekali. Jadi mereka bales email kami pake bahasa Meksiko. Ribet banget deh, anak-anak mana ada yang ngerti kan? Akhirnya kami pake Google Translator. Hahaha. Aneh deh pokoknya, siempre siempre gitu. Hahaha.

Mereka ngejelasin nggak, kenapa nyuri lagu itu?
Iya, di email itu mereka minta maaf sekaligus klarifikasi. Ternyata itu semua gara-gara gitarisnya. Dia bilang itu lagu buatan dia. Temen-temennya langsung percaya dong. Padahal dia ngambil lagu itu dari MySpace-nya Thirteen.

Kalian sendiri sebelumnya tau atau kenal nggak sih, dengan band itu?
Nggak. Baru denger malah. Tapi kayaknya di Meksiko juga mereka bukan band terkenal. Nggak jelas gitu, soalnya waktu kami cek lagu-lagu lainnya pun niru lagu orang lain. Bukan cuma Thirteen aja yang dicontek, ada lagunya Devil Wears Prada dan sebagainya.

Terus, gimana perasaan kamu setelah jadi korban 'pencurian' lagu ini?
Lumayan bangga sih sebenernya, soalnya ternyata lagi kami bisa sampai Meksiko. Hahaha. (lika)

FOTO: BUDI ISMAIL / HAI

0 komentar:

Posting Komentar